Rabu, 30 Januari 2013

Resensi Buku : Sacred Companions



Pengarang : David G. Benner
Penerbit    : Literatur Perkantas Jawa Timur
Tahun terbit  : 2002
Kota terbit  : Surabaya

Kita adalah orang-orang yang dipanggil untuk menjalani perjalanan rohani. Untuk melakukan perjalanan ini kita membutuhkan sahabat yang dapat bersama-sama menggumuli perjalanan rohani kita agar apa yang diharapkan dalam perjalanan ini dapat terwujud. Sahabat yang dimaksud bukan sekadar seorang yang hadir dan ada disekitar kita dengan berbagai macam percakapan, kegiatan bersama, gosip, tetapi ia harus hadir secara signifikan untuk menolong perjalanan kita dan sebagai belahan jiwa dengan berperan sebagai pembimbing rohani.
Pembimbing rohani berbeda dengan berkotbah, menasehati, memberi jalan keluar. Pembimbing rohani adalah orang yang menolong orang lain dalam perjalanannya untuk mengenal dan peka terhadap Allah melalui berbagai interaksi dan media yang ada. Mungkin yang dilakukan sudah tidak asing atau telah dilakukan secara informal, namun seorang pembimbing rohani harus menyadari panggilannya agar dapat melakukan fungsinya secara maksimal. Jika kita ingin mendapatkan perkembangan yang berarti dalam perjalanan rohani yang mengubahkan sebagai orang Kristen, Anda perlu memiliki satu atau lebih sahabat-sahabat yang turut mendukung perjalanan tersebut. Jika tidak Anda tidak akan mendapat perkembangan yang berarti.
Sahabat, pasangan hidup, dan anggota keluarga semuanya memiliki kesempatan untuk bisa menjadi sahabat dalam menjalani perjalanan rohani. Sahabat rohani sekaligus menjadi orang yang dapat memberikan bimbingan Rohani. Sebuah bimbingan yang menolong untuk lebih peka dengan Tuhan dan melihat jejak-Nya waktu berjalan dalam perjalanan rohani. Melalui sebuah proses, baik yang dibimbing maupun yang membimbing mereka berjalan bersama di dalam perjalanan rohani.
Buku ini sangat baik untuk para hamba Tuhan yang hendak mengembangkan kualitas pertumbuhan jemaat dalam gereja melalui sebuah kelompok kecil karena metode komsel ini menjadi sebuah sarana yang efektif untuk menghadirkan persahabatan rohani. Orang-orang yang terlibat di dalam kelompok ini adalah mereka yang berkomitmen untuk bertumbuh secara rohani dan berniat untuk menjalankannya bersama. Dan peran yang dimainkan setiap anggota haruslah peran sesama musafir yang saling menerima dan saling memberi dukungan dalam menjalani perjalanan rohani. 

Oleh : Yance / Mahasiswa M.Div - Tingkat 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar