Rabu, 30 Januari 2013

Hidup sehat di komunitas Aletheia



     
     Banyak manusia didunia ini tidak peduli akan kesehatan mereka, secara khusus kita sebagai calon- calon hamba Tuhan. Ada seorang hamba Tuhan yang kehidupannya sangat rohani, dan selalu mengandalkan Tuhan dalam kehidupannya, dan dia selalu menyerahkan akan setiap kesehatannya kepada Tuhan supaya sehat dan semangat dalam penyampaian Firman Tuhan, tetapi dia sendiri tidak pernah menjaga kesehatannya dan sering mandi malam, tidur tidak tepat waktu, bangun siang hari dan jarang sekali melakukan pekerjaan- pekerjaan jasmani, karena dia yakin bahwa dia akan dipelihara Tuhan dalam segala kehidupannya, sehingga dia tidak melakukan pekerjaan apapun dalam hidupnya, sebab dia mengira apabila dia melakukan pekerjaan jasmani, maka pekerjaan rohaninya akan terbengkalai sedangkan jadwal pelayanan sangat padat dan tuntutan sangat tinggi pun dikenakan kepadanya.
       Pada suatu hari hamba Tuhan ini sakit yang sangat serius, tetapi saking rohaninya hamba Tuhan itu, dia segera berdoa kepada Tuhan dan berkata, Ya Tuhan, jauhkanlah segala pekerjaan setan yang mengganggu pekerjaan-Mu dengan melimpahkan kepadaku penyakit. Menurut saya, kasihan sekali iblis itu, iblis tidak melakukan apa-apa terhadap hamba Tuhan itu, namun mengapa kok iblis yang disalahkan padahal hamba Tuhan sendirilah yang  tidak menjaga kesehatannya.
       Jadi untuk pembaca setia majalah gema, sehat secara rohani dan sehat jasmani sangat penting dalam kehidupan kita. Banyak belajar di STT Aletheia ini juga sangat baik, tetapi apakah kita pernah belajar bagaimana menjaga hidup sehat itu? Dalam tulisan ini saya sengaja mau membagikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kita ditengah padatnya aktivitas yang ada, antara lain :

Lakukanlah setiap hari:
a. Setelah bangun pagi, tariklah nafas dalam-dalam sekitar 15 detik dan minimal 30 kali dan kemudian minumlah air putih maksimal dua gelas dan kemudian lakukan olahraga secukupnya (paling lama satu jam, sebab lebih dari satu jam, membuat kita lelah dan tidak bisa lagi melakukan aktivitas lainnya dan pada akhirnnya membuat kita gampang jadi tidur. Ingat setelah berolahraga, jangan langsung minum atau makan, jika mendadak, usakanlah terlebih dahulu atur pernafasan kita dengan cara bernafas dengan stabil.
b.  Di pagi hari ini, jangan pernah mencoba marah atau murung, sebab berpengaruh pada wajah. Belajar bersukacita senantiasa seperti perkataan Firman Tuhan – hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.
c.    Saat makan (makan pagi, snack pagi, makan siang, snack sore, makan malam, usakanlah minum terlebih dahulu, supaya membasahi bagian mulut dan sekitarnya, dan lain-lain.
d.   Usahakan banyak makan sayur dan buah-buahan dan makan daging secukupnya karena kelebihan daging akan mengakibatkan terjangkit penyakit.
e.   Saat berhadapan dengan komputer, jangan lupa memandang dedaunan hijau untuk menyegarkan penglihatan agar penglihatan kita tidak cepat rusak.
f.   Jangan terlalu sering memakan makanan dan minuman yang berwarna- warni. Info ini didapat karena melihat banyak fenomena tentang dampak bahaya zat warna makanan, zat warna makanan kebanyakan banyak berasal dari zat warna untuk kain
g.  Jagalah kebersihan lingkungan dimanapun kita berada karena pepatah mengatakan kebersihan pangkal kesehatan.
  
Semoga bermanfaat ya !

Oleh : Toni Silaban/ Theologi - Tingkat 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar